Rabu, 11 Februari 2009

Tips : Memasang Cakram Pada XCD

Udah pada tau kan motor XCD (Eksit)? :d tepatnya Bajaj XCD 125cc, motor keluaran Bajaj ini masih banyak yg ga tau loh...beda banget sama kk-nya Pulsar, ini sie pengalaman pribadi gw! waktu berhenti dilampu merah ada bapak" yg nanya "ini motor apa mas?" :f huh...rasanya jadi pengen cepet" kabur, pd hal iklan di TV udah sering! sampe" nyantumin harga juga :p



Eksit memang beda banget sama kk-nya Pulsar (motor" laki yg lain), yg masih pke rem depan tromol. Makannya banya orang yg mikir 2x buat beli nie motor, emMm...tp klo gw sie ga gitu :D hehehe...

Ya walaupun pke rem depan tromol, tp nie motor emang bener" irit banget! untuk 1 liter bengsin (pertamax) gw bisa jalan sampe 60-70Km, lumayan irit kan :)

Oia...untuk yg udah nunggangin Eksit ga perlu takut ga bisa pasang cakram di Eksit, sekarang udah pd banyak ko yg masang cakram di Eksit (ya biar pun gw juga belum pasang :p ). untuk cakram depan di Eksit rata" anak" Xtreme Club memakai cakram dari RX-King, disini gw mau coba jelasin cara pemasangan rem cakram depan untuk Eksit.



Untuk penggantian/pemasangannya cukup mudah kok! Pemasangannya mesti satu paket yg terdiri dari tabung suspensi luar, cakram, master, kaliper dan adaptor (gbr. 1).

Pertama, suspensi depan eksit harus dicopot terlebih dahulu. diganti bagian luar or selongsonya saja, jadi saling atau as dalam tetap, sehingga volume oli sok tidak ada penambahan. Di bagian luar ini ada kuping (gbr. 2), Sebagai pegangan kaliper.

Setelah itu pasang cakram, tapi pelek palang bawaan pabrik harus dibubut ulang sebagai pegangan disc supaya bisa terpasang. Ukurannya disesuaikan saja...setelah itu diikat 4 baut (gbr. 3).



Abis itu baru pasang kembali suspensi depan yang telah diganti tabungnya berikut master rem bawah...diikuti pasang pelek yang telah dipasang cakram. Untuk pasang master rem tidak perlu ubahan, karena telah disesuaikan dengan diameter setang,
Jadi tinggal pasang saja. Mudahkan? :d

Ya...klo males pasang sendiri, bisa ko pasang dibengkel mana aja yg nyediain kebutuhannya. biasanya untuk pasang cakram depan gitu pasaran harga nya sekitar 500ribu..

silahkan dicoba tips dari gw ini, mudah"an bermanfaat :)

Dikutip dari OtomotifNet.Com

Artikel yang Berhubungan :



0 komentar:

Posting Komentar